Menata Kavling di Kawasan Islami

Menata Kavling di Kawasan Islami

Menjadi impian pastinya, memiliki hunian yang tertata rapi, bersih, efisien, serta ditambah berada di lingkungan dan kawasan yang Islami. Tentu alangkah senangnya kita jika keluarga dan anak-anak kita tumbuh dan besar dengan kondisi sosial yang mendukung secara Islami.

Investasi kavling belakangan ini benar- benar telah menjamur di mana saja. Berbagai macam penawaran dengan tambahan pernak-pernik mewarnai pemandangan kita. Memang benar, bahwa investasi kavling masih menjadi asset yang memiliki tingkat keamanan tinggi, selain dengan tingkat pemanfaatan yang juga variatif.

Namun ternyata, investasi kavling juga tak bisa sembarangan kita ambil hanya lantaran harga bersaing dan lokasi strategis secara ekonomis. Ada beberapa hal yang lebih patut kita pertimbangkan dalam menentukan, memilih, dan memiliki kavling sebagai investasi keluarga.

Tata Letak Kawasan

Tata letak akan menentukan bagaimana hubungan kita dengan tetangga di dalam satu kawasan nantinya. Tentu kita harus memikirkan tata letak yang nanti akan menjadi hunian kita sekeluarga, bahkan secara turun temurun akan menetap di kawasan tersebut. Hendaknya hunian yang kelak akan dibangun di atas tanah kavling ini, memperhatikan posisi jendela dan pintu-pintu yang berseberangan dengan hunian tetangga nantinya. Upaya ini untuk menjaga privasi kita lebih tinggi.

kampung kurma sultan saladin, kampung kurma, islamic center kampung kurma
Rencana Islamic Center di Kampung Kurma Sultan Saladin

Kawasan-kawasan yang nantinya diproyeksi akan menjadi tempat umum dan keramaian ada baiknya sedikit berjauhan dengan lingkungan tempat tinggal. Tempat yang kiranya akan dimanfaatkan untuk mengembang-biakkan hewan ternak, dijauhkan sampai 20-25 meter dari hunian.

Menata dan Mendesain Hunian

Hunian yang baik adalah hunian yang sesuai dengan aturan di dalam Islam. Bagaimana hunian yang sesuai dengan Islam. Beberapa di antaranya yaitu, pintu dan jendela yang menghadap ke luar, alangkah baiknya jika dibuat sesuai fungsi dan tidak terlalu terbuka. Kamar mandi, dan toilet ditata tidak menghadap ke kiblat.

Toilet dan kamar mandi lebih baik berada di dalam rumah, tidak di luar, sebab agar tetangga tidak mendengar dan jika aliran air dan siraman ketika mandi. Selain itu juga untuk menghindari adanya upaya orang yang mengintip. Sehingga lebih aman.

Menata Kawasan

Hal yang menjadi perhatian penting di dalam membangun kawasan kavling apalagi hunian, adalah membentuk kawasan hidup dan sosial yang aman, tertib, damai, dan sesuai dengan rambu-rambu hidup di dalam Islam. Inilah yang sebenarnya menjadi tugas sulit bagi setiap pembangunan hunian. Bagaimana kita tidak hanya membangun secara fisik tapi juga secara moral dan akhlak yang hidup di tengah kawasan hunian kita. Di mana hal ini dapat ditunjang juga dengan pembangunan semacam pusat pendidikan, perpustakaan, dan hal-hal sejenisnya.

Sebagaimana yang sedang dirancang oleh developer 3 kawasan berikut ini:

rencananya di dalam kawasan tersebut akan didirikan pula semacam Islamic Center (Masjid dan Pusat Kajian Islam), Area Olahraga (Kolam renang terpisah antara perempuan dan laki-laki).

Demikian hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih kawasan investasi kavling. Selain pertimbangan ekonomis, juga berdasar pertimbangan ajaran Islam.

Semoga bermanfaat, wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *